Minggu, 16 November 2014

Mt. Gede, 2958 mdpl

Mt.Gede, 2958 mdpl, done.

hallo epribadeh!!!. #uhuk selamat hari senin ya. yang masih ngantuk, coba ngopi dulu. yang masih di kasur, coba ada jadwal kuliah ato enggak hari ini?. yang lagi di kantor, tapi badannya pegel semua, otot kakinya ketarik, pinggang "meurengkeut", coba kali aja bisa tidur di kolong meja (:p). oke, yang terakhir itu aku.

jadi, ceritanya setelah tiga kali gagal, akhirnya 15-16 november 2014 kesampean juga menyapa puncak Gede, di 2968 mdpl. salah satu gunung di Jawa Barat, yang sejak lama pengen banget aku kunjungi. gunung Gede akhir-akhir ini entah kenapa jadi populer banget. para pendaki makin rame yang nanjak. ada yang udah pernah juga dateng lagi, bawa gebetan, pacar, teman, adik, kakak, dll.

dan musim hujan bulan november ini tidak akan menyurutkan langkahku untuk menyapamu hei gunung Gede (hehe). ya, anggep aja ngadoin diri sendiri deh ya dengan pendakian ini, yang kebetulan masuk seperempat abad 6 november kemarin.

awalnya personil ada 6 orang. tapi, karena 1 teman cewek kami tiba-tiba kakinya sakit, jadi batal gabung. alhasil kami tetap berangkat berlima. ada aku sendiri si cewek kece badai, Arini si akhwat pemalu, Fathan tukang lawak kelompok, Lingga adik kelas yang super bongsor, dan bang Rizal pemandu yang tidak kalah bongsornya.

untuk menuju Gede, dari Bogor, aku, Arini, & Fathan berangkat jam 05.30 pagi. dari Dramaga, kami milih buat naek angkot Kampus Dalam-03 Baranang siang-01 Ciawi. turun dipertigaan antara Pasar Ciawi, Jakarta, Cianjur. dari sana kami nyegatin bus Marita tujuan Cianjur. mini bus yang Alhamdulillah ber-AC dan lewat hampir setiap setengah jam. mayan jadi enggak harus nungguin lama kan.

perjalanan dari Ciawi dilanjutkan menuju ke Pasar Cipanas (karena kami mau ambil jalur Gunung Putri). setelah perjalan dari Dramaga sampe Ciawi kurang lebih 2,5 jam, kami sampai di Pasar Cipanas. sembari nungguin Lingga & bang Rizal, kami isi perut dulu kali ya. biar kuat nanjaknya.

yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. setelah sebelumnya kami membeli logistik buat satu malam di Gede, bang Rizal nego angkot untuk disewa ke desa dimana perjalanan via jalur Putri dimulai. gerimis mulai menyapa Cipanas. sedikit deg-degan karena ini kali pertama aku ke gunung Gede, tapi yasudahlah. ada yang bilang, yang penting niatnya kan bukan buat macem-macem.

setelah perjalanan kurang lebih 30 menitan, angkot yang mengantarkan kami sampai di tempat tujuan. gerimis sudah berubah menjadi hujan. aku lihat banyak juga teman-teman pendaki lain yang sedang berteduh, nunggu hujan reda, baru melanjutkan perjalanan mereka. setelah memasang jas hujan, aku dan keempat teman lainnya segera menuju pos pemeriksaan Simaksi. setelah ditanya-tanya sedikit, akhirnya kami diizinkan "lewat".

dari pos pemeriksaan simaksi, kanan kiri jalan dihiasi tanaman sayuran yang menggoda banget buat dipetik. mulai dari wortel, kembang kol, daun bawang, sampe lobak. awal-awal masih bisa tuh cengengesan, masih becanda, ampe udah sejam jalan baru deh mulai ngos-ngosan dan pada diem, fokus sama jalan (haha). keril mulai berasa makin berat, tenggorokan makin kering, dan perut kok jadi keroncongan ya. ternyata trek gunung Gede Subhanallah juga ya pemirsah.

(teman-teman sesama pendaki di pintu masuk gunung Gede)
(Arini yang ceritanya pertama kali nanjak & ketagihan)
tujuan kami adalah alun-alun Surya Kencana. kami akan bermalam dan memasang tenda disana, kemudian melanjutkan perjalanan keesokan harinya. mulai start jalan jam 10.00 & nyampe alun-alun Surya Kencana sekitar jam 17.00. kalo kata bang Rizal ini speed orang bukan normal. karena kalo normal (kayak dia) cuma perlu 5-6 jam buat sampe alun-alun Surya Kencana. ya not bad lah ya, secara ada dua orang putri yang lagi digiring, rada ribet pula, banyak ritualnya (haha).

semakin tinggi, suhu dan tekanan di mulai berubah. kuping makin lama makin berasa pengangnya. belum setengah perjalanan, Arini udah ngabisin minum 1 botol 600 ml. doi haus ato emang doyan ya?. jam 13.00, kami istirahat solat zuhur dulu, karena dirasa enggak akan keburu kalo maksain nyampe Surya Kencana sebelum ashar.

hujan mulai turun lagi. jas hujan dipasang lagi, cover bag mulai basah, sepatu mulai lengket sama tanah. jam 15.00, para lelaki kelaparan. akhirnya berhenti buat isi amunisi dulu. enaknya di gunung itu, makan sebungkus aja berlima, gorengan dibagi-bagi, minum sebotol buat rame-rame, dan enggak pake sungkan-sungkanan.

akhirnya tanjakan gunung Gede yang never ending itu berakhir. sampelah kami di alun-alun Surya Kencana. aku & Arini sempet foto-foto sebentar sebelum akhirnya nyadar kalo suhu makin dingin dan kita kelaparan.

(Fathan & Arini di Alun-alun Surya Kencana)
(Fathan, porter khusus tenda)
(halloooo...this is me)
Fathan, Lingga, dan bang Rizal langsung pasang-pasang tenda. sementara aku dan Arini cuma bantuin ngerusuh doang (haha maap ya masyarakat). setelah solat magrib, kami mulai nyiapin makan malem. pop mi* alla kadarnya yang dipadukan dengan secangkir kopi item buat para lelaki. bahagia yang sederhana (hehe).

jam 20.00, masing-masing udah pada masuk ke dalam tenda dan buka sleeping bag. mulai cari posisi buat molor. mungkin karena udah kenyang, dingin, tenang, nah mau ngapain lagi coba selain tidur?. setelah dijanjikan sama bang Rizal buat liat sunrise besok subuh di puncak, aku sama Arini pun molor.

jam 22.00 pada kebangun. semua mulai berhalusinasi. dikira udah jam 03.00 besoknya, ternyata masih jauh. suhu di Surya Kencana mulai turun. aku sama Arini udah depel-depelan buat menghangatkan diri, berhasil sedikit, banyak enggaknya. entah berapa suhu malam itu, yang jelas enggak bisa tidur nyenyak. jam 01.00 udah pada sepi lagi, dari tenda cowok juga enggak kedengeran suara, molor jilid 2 dimulai.

karena gerimis, jadi rencana liat sunrise di puncak Gede dibatalkan, diganti dengan balik melungker lagi ke dalam sleeping bag masing-masing. jam 08.00, setelah sarapan & ngopi-ngopi cantik, kami memutuskan buat beberes tenda dan ngelanjutin perjalanan ke puncak. kalo kata bang Rizal, manusia normal cuma butuh satu jam nyampe puncak Gede, lalu gimana aku & Arini coba yang kurang normal ini?. hemm.

sebelum muncak, aku sama Arini nyempetin buat selfie dan bernarsis ria deket edelweis.

(Arini & aku, selfie with edelweis)

(Arini)

tanjakan dari Surya Kencana ampe puncak sama sekali enggak ngasih bonus. bener-bener nanjak. yang kalo mau berhenti tuh cuma bisa minggir dikit biar yang lain bisa pada lewat. dari bawah jam 09.00 an, kami sampe di puncak Gede jam 10.30. ya telat setengah jam dari orang normal masih wajar dong ya.

(teman baru)

(Arini (lagi))

puncak Gede udah kayak apaan tau. ruame buanget. ternyata emang hobi nanjak gunung mulai menyerang banyak pihak akhir-akhir ini (hehe). serunya, bisa minta tolong fotoin sama orang yang enggak dikenal, yang biasanya juga pengen difotoin gantian gitu.

(finally, top of Gede, with Arini)
(view of Pangrango from top of Gede)
(tim Gesrek - Arini, bang Rizal, Fathan, aku, & Lingga)
(Fathan & aku)

(view kawahnya Gede)
setelah haha hihi, jepret-jepret bentar, jam 12.00 kami mutusin buat lanjutin perjalanan turun. kami pilih jalur Cibodas yang katanya enakan buat turun dari pada Putri. ditengah perjalanan, sebelum Kandang Badak, aku kepisah dari bang Rizal dan Arini. jadi, aku putusin buat nungguin Fathan sama Lingga yang pas dibelakang.

kepisah kenapa sodara-sodara?. karena aku enggak olahraga, jadi kakiku kram. dan itu enggak ada enak-enaknya. pelan-pelan ngelanjutin perjalanan bertigaan sama Lingga & Fathan, sambil clingak-clinguk nyariin bang Rizal sama Arini di tiap pos, tapi hasilnya nihil.

lewat sumber mata air panas beneran pengalaman pertama buatku. titiannya cuma batu-batu licin, pegangan cuma seutas tali yang diiketin di pohon. bismillah ajalah ya nak. seru pas air mercik kena kaki, anget gitu. karena tangannya terlalu dingin, pas megang tuh air panas jadi enggak terlalu kerasa panasnya kali ya. angeeeettt.

terus jalan sampe pos di bawahnya sumber mata air panas, kakiku mulai semakin enggak enak. akhirnya Lingga mutusin buat jalan duluan lebih cepet, buat naroh keril di pos akhir, dan balik nyusulin aku nantinya. aku sama Fathan jalan pelan-pelan ngekor pendaki lain. hujan makin deres banget. udah kepalang tanggung, jadi males buka jas hujan. maen ujanlah ya sekali-kali.

jam setengah 7 malem aku sama Fathan sampe di pos akhir. disusul Lingga di menit-menit terakhir, mayan ngurangin beban keril di pundak 15 menitan, hehe. akhirnya ketemu bang Rizal sama Arini, yang katanya udah dari jam 5 sore sampe. doh..maap ya sodara-sodara, jadi menghambat kalian (hiks).

setelah istirahat bentaran, kami diajak bang Rizal buat mampir ke rumahnya, di daerah Ciloto untuk bebersih. ditawarin nginep juga, cuman karena aku sama Fathan kerja hari seninnya, jadi kami putuskan buat langsung cabut ke bogor begitu beres makan.

jalanan masih diguyur ujan, enggak terlalu macet, cuma padat aja. karena enggak ada bis langsung Bogor, kami naek aja bis Garut-Jakarta, turun di Ciawi, terus nyambung angkot sampe Dramaga, dengan rute dan nomer angkot yang sama kayak pas berangkat.

makasih buat Lingga yang sudah dari jauh-jauh hari ngetag-in simaksi gunung Gede biar kita kebagian kuota pendakian. makasih buat Arini yang setia dengerin aku ngoceh. makasih buat bang Rizal yang udah nganter dan minjemin rumahnya buat bebersih diri. dan last but not least buat Fathan, yang nemenin aku dan kaki kramku padahal sendirinya keberatan bawa tenda. makasih buat orang yang baru aku kenal dan ngasih counterpain, coklat, dan nawarin air panas buat ngangetin badan.

nih tambahan nih, aku kasih perkiraan biaya, kira-kira kamu butuh duit berapa buat ke Gede ya :
simaksi @ orang = 25000 (buat 2 hari)
angkot Dramaga sampe Ciawi (x 2) = 11000
bis arah Cianjur (x 2) = 15000
sewa angkot Cipanas-titik awal pendakian Putri = 100000 (5 orang)
logistik = kurang lebih 150000

nb : jangan lupa olahraga buat persiapan fisik ya gais, biar enggak kram kayak aku pas nanjak. selamat mendaki :)